Senin, 09 April 2012

Menyehatkan Kondisi Aki yang Mulai Loyo

Sumber CoPas dari  http://pengepulakibekas.blogspot.com/2011/03/menyehatkan-kondisi-aki-yang-mulai-loyo.html

Kategori = Khusus Aki type basah
Jenis Aki = type basah biasa maupun type basah Hybrid (GS Hybrid)
Zat penolong = bubuk EDTA


Sering kita mengalami jika usia aki sudah sekitar 2 tahun / 24 bulan, aki mulai lemah, apalagi jika mobil jarang digunakan.

Tanda tandanya seperti : saat menghidupkan mesin, suara motor starter mulai agak pelan


Berikut teknik yang bisa diterapkan jika aki mulai lemah :

1. Campur 5 - 6 sendok teh bubuk EDTA ke 500 - 600 cc air Aquadest
2. Aduk hingga bubuk EDTA larut sepenuhnya
3. Tuang ke aki
4. Setelah beberapa saat maka mobil siap untuk dihidupkan
5. Akan lebih efektif lagi jika sesudahnya mobil lebih sering dipakai.


Catatan penting :

- Hal ini dilakukan saat aki masih dingin
- Gunakan sarung tangan saat mencampur EDTA ke air aquadest
- Jika bubuk EDTA terkena kulit, segera tiup dan bilas kulit dengan air sesegera mungkin.

EDTA adalah Ethylenediaminetetraacetic acid yang mana dapat dibeli di toko-toko bahan kimia, bentuknya bubuk putih. Untuk merestorasi aki basah maka gunakan variant EDTA yang biasa disebut "EDTA teknik", dan toko-toko bahan kimia biasanya paham akan hal ini.

Dari pengalaman team APG, treatment aki dengan EDTA ini efektif saat aki mulai menunjukkan tanda-tanda penurunan, seperti suara starter motor yang mulai agak melambat & jangan tunggu sampai aki benar benar drop.

Jika aki sudah benar - benar drop maka pencampuran EDTA hanya menolong untuk supaya mobil bisa di starter untuk pergi ke toko aki.


Terima kasih kepada Mr. Saftari untuk diskusi tentang EDTA (AS)

Perpanjang Masa Pakai Accu

Sumber Copy Paste dari http://www.saft7.com/perpanjang-masa-pakai-accu/


Special Thanks untuk kang Fajaradi dan milis Otomotif-L@yahoogroups.com
Accu (aki) mobil ataupun motor yang paling banyak digunakan adalah jenis accu basah. Accu basah yang dimaksud adalah Lead Acid Battery. Paling tidak sebulan sekali kita perlu melihat ketinggian air accu yang bisa dilihat dari body samping accu tersebut. Jangan sampai berada di bawah Level Minimumnya karena akan merusak sel accu itu sendiri.

Umur pakai accu jenis ini berkisar sekitar 1.5-2.5 tahun tergantung kondisi mobil/motor yang menggunakannya.
Suatu accu mulai rusak ketika tidak bisa menyimpan arus listrik dengan baik atau tegangan (voltase) nya turun dari yang seharusnya. Biasanya ditandai dengan bunyi klakson tidak selantang biasanya, lampu tidak seterang biasanya, waktu starter mesin jadi lebih panjang.. bahkan lebih parah adalah tidak bisa starter mesin. Bahasa paling umum adalah “Aki Soak”.
Baik tidaknya kondisi accu bisa diukur dengan alat tes accu khusus, seperti simulasi pembebanan pada accu kemudian terukur seberapa kuat accu tersebut.


Alat tes yang lebih bagus lagi yang banyak digunakan oleh toko penjual accu seperti ini

Selain di tes dengan pembebanan arus, baik tidak accu juga dipengaruhi oleh kualitas air accu itu sendiri yang bisa diukur dengan Battery Hydrometer. Alat ini wajib bagi toko atau tukang service accu. Jika kita ingin mempunyai alat ini bisa saja.. ga ada ruginya.. karena bisa mengontrol kondisi ‘kesehatan’ air accu. Harganya berkisar mulai dari 25ribu rupiah. (tidak mahal, khan?)

Cara penggunaannya sangat sederhana, yaitu dengan menyedot air accu, kemudian melihat bandul penunjuknya memperlihatkan kondisi apa.


Jika permukaan air accu berada pada bidang Hijau, berarti kondisi air accu sangat baik.

Jika permukaan air accu berada pada bidang Putih, berarti kondisi air accu juga masih baik.

Jika permukaan air accu berada pada bidang Merah, berarti kondisi air accu butuh di recharge, atau sekaligus bisa juga menunjukkan ada masalah charging pada alternator (alternator bermasalah/rusak).

Perpanjang Masa Pakai Accu…

Seiring dengan masa/usia pakai accu basah pada kendaraan, lembar cell accu akan terlapis oleh deposit Sulfat. Semakin tebal deposit sulfat ini membuat accu semakin rendah performanya. Hingga saking tebalnya deposit tadi.. akhirnya membuat accu benar-benar mati / soak, tidak bisa diisi (recharge) lagi. Umumnya .. solusinya adalah harus mengganti dengan accu baru.
Kita bisa membuat langkah alternatif untuk memperpanjang masa pakai accu basah pada mobil atau motor kita.
Banyak informasi yang di dapat di Internet tentang bubuk EDTA ( ethylenediamine tetraacetic ) . Bubuk EDTA sendiri umumnya sering digunakan untuk pengawet makanan. Namun karena penggunaannya ternyata juga bermanfaat untuk merontokkan deposit sulfat pada cell accu, dibuat EDTA yang lebih khusus dengan kode Na4-EDTA (Tetrasodium EDTA) . Pada beberapa toko kimia menyebutnya sebagai “EDTA Teknis“. Saya mendapatkannya dengan harga 33ribu/kg.
Menurut pengalaman teman-teman dan referensi di Internet, khasiat Na4-EDTA (Tetrasodium EDTA) ini bisa membuat accu menjadi segar kembali, dan jika rutin menggunakan Na4-EDTA setiap bulannya, dapat membuat masa pakai accu bisa mencapai 2-3 kali lebih lama.. atau sekitar hingga 4-5 tahun!
Tentunya ini adalah solusi murah, hemat dan tepat guna.

Mari ber-EDTA…

Kita persiapkan terlebih dahulu adalah:
1. Na4-EDTA (Tetrasodium EDTA) atau (EDTA Teknis)
2. Air Destilasi (Air Aquadest), saya menggunakan air accu botol BIRU. (bukan air accu zuur!)
3. Sendok Teh
4. Gelas
5. Battery Hydrometer
6. Lap untuk bersih-bersih.

Sebelum membuat ‘vitamin’, lihat dulu kira-kira seberapa banyak diperlukan untuk menambahkannya pada accu, sehingga tidak mubazir jika berlebih.
Pastikan komposisinya terjaga:
Untuk ritual perawatan rutin accu, Siapkan 2-3 sendok teh Na4-EDTA untuk 1 liter air Aquadest
Untuk accu yang sudah soak, siapkan 4-6 sendok teh Na-EDTA untuk 1 liter air Aquadest


Na4-EDTA harus diaduk larut dengan air accu, untuk itu agar mudah, pengadukan dilakukan di luar accu.

Setelah semua siap, mari kita mendekati accu yang akan kita kasih ‘vitamin’ ini.
Setiap lubang / cell, kita lihat kondisinya dengan Hydrometer, saya menemukan ukuran yang berbeda-beda untuk tiap cell.
Cell yang terlihat lebih dekat ke ‘merah’ memerlukan ‘vitamin’ lebih banyak ketimbang Cell yang sehat (hijau).
Tapi tiap Cell tetap perlu dituangkan ‘vitamin’ setiap bulannya agar deposit sulfat bisa dirontokkan, sehingga performa accu tetap prima.

Tentunya juga.. jika air accu kurang dari level yang dianjurkan, segera tambahkan juga dengan air accu berbotol BIRU.
– www.saft7.com –
Wah ternyata rekan saya ada yang accu motornya soak.
Ketika diukur, ternyata menunjukkan voltase dibawah 1 volt!

Nah segeralah accu basah motor ini di-EDTA kan..

Untuk accu yang soak, setelah ditambahkan ‘vitamin’ tersebut, memerlukan ReCharging (di charge ulang). Dan untuk perawatan bulanan, kendaraan digunakan seperti biasa saja.
Motor yang accu nya soak sedang di ReCharging… perlahan-lahan nilai voltase accu berangsur naik.

CATATAN:
Tips ini hanya untuk accu berjenis Accu Basah, dengan ciri-ciri ada baut untuk mengisi air accu pada tiap Cell nya. 6 baut Cell untuk accu 12volt, dan 3 baut Cell untuk accu 6volt.
Accu jenis MF (Maintenance Free) tidak dapat memanfaatkan tips ini, karena konstruksi MF tidak memungkinkan kita menambahkan air accu kecuali dengan cara khusus (misalnya dengan cara disuntik, dsb).
Accu jenis Gell atau Spiral Gel juga tidak dapat memanfaatkan tips ini.
Tidak semua accu basah yang soak bisa di’hidup’kan kembali karena beberapa sebab, antara lain korslet (short circuit) di dalam Cell, Cell sudah rusak parah, dsb.

Semoga bermanfaat, Salam hemat!
Sumber referensi:
What is EDTA
What is Lead Acid Battery
Lead-Acid Battery Information
Some Technical Details on Lead Acid Batteries
EDTA Restores Sulfated Batteries
EDTA Restores Sulfated Lead Acid Batteries
Informasi Toko penjual EDTA Teknis antara lain:
Harum Kimia – Kramat Raya 23A, Jakarta – 021.3900347
Harum Sari – Kramat Raya 103A, Jakarta – 021.3904824

Sabtu, 07 April 2012

Mengukur Voltase Accu Mobil - Tips Merawat Accu Part 6

Setelah diberi larutan EDTA, accu bisa menerima strum hingga 14,8 V.
Sebelumnya hanya mampu menerima strum maksimal 13 V.
http://youtu.be/S21f6snFraY

Sumber http://daihatsucharadeg10.blogspot.com/2012/04/mengukur-voltase-accu-setelah-direndam.html

Mengecas ACCU Mobil - Tips Merawat Accu Part 6

Setelah accu diisi dengan air accu Zuur (kemasan warna merah), lalu accu dicas selama kira-kira 48 jam atau 2 hari dalam ukuran 12 v.
http://youtu.be/GZymOzmThAg

Sumber http://daihatsucharadeg10.blogspot.com/2012/04/mengecas-accu-mobil-daihatsu-charade.html

Mengisi Air Accu Zuur - Tips Merawat Accu Part 5

Setelah larutan EDTA dibuang, lalu accu diisi dengan menggunakan air accu Zuur (kemasan warna merah).
http://youtu.be/2yIrxLHaAXM

Membuang Larutan EDTA - Tips Merawat Accu Part 4

Setelah accu direndam dengan larutan EDTA selama 24 jam, lalu larutan EDTA tersebut dibuang dan dibilas pakai air biasa beberapa kali agar keraknya keluar. http://youtu.be/ZKk6fPH2JGo

Setelah larutan EDTA dibuang, lalu accu dibilas pakai air beberapa kali agar kotoran kerak yang ada di dalam accu keluar. http://youtu.be/ihQgadWGO7M


Sumber http://daihatsucharadeg10.blogspot.com/2012/04/membuang-larutan-edta-dari-dalam-accu.html

Memasukkan Larutan EDTA ke dalam ACCU mobil - Tips Merawat Accu Part 3

 Memasukkan Larutan EDTA ke dalam ACCU mobil 

Setelah accu dikosongkan lalu,larutan-EDTA dimasukkan ke dalam accu. http://youtu.be/HA-F74fx7Sc

Sumber http://daihatsucharadeg10.blogspot.com/2012/04/memasukkan-larutan-edta-ke-dalam-accu.html

Membuat Larutan EDTA - Tips Merawat Accu Part 2

Mempersiapkan peralatan untuk membuat larutan EDTA.

Menuangkan bubuk EDTA ke baskom untuk digunakan merendam ACCU yang sudah soak. http://youtu.be/5AgtYrdNVUA

Mengaduk larutan EDTA dengan air biasa. http://youtu.be/kNHNV0PVu9s

Sumber  http://daihatsucharadeg10.blogspot.com/2012/04/membuat-larutan-edta-untuk-rendam-accu.html

Menguras Air Accu Mobil - Tips Merawat Accu Part 1

Menguras ACCU Mobil.
Sekalian akan direndam pake larutan EDTA.
Pengerjaan tahap awal adalah menuang semua isi accu hingga habis dengan cara membalikkan accu.




Setelah air accu dibuang habis, lalu dibilas pakai air biasa.
Bisa dilakukan dua kali agar bersih.




Membilas pakai air ke dalam accu yang telah kosong, sebelum diberi larutan EDTA.
http://youtu.be/b3yJ_F-XYqk


Sumber  http://daihatsucharadeg10.blogspot.com/2012/04/menguras-air-accu-mobil-daihatsu.html